JENIS-JENIS KUFUR


Kufur itu ada dua jenis :

Pertama, Kufur Besar, yaitu mengingkari bagian tertentu dari Islam yang tanpa bagian itu keislaman seseorang batal.

Kedua, Kufur kecil, yaitu mengingkari bagian tertentu dari Islam yang tanpa bagian itu keislaman seseorang menjadi tidak sempurna.

Perbedaaan antara kedua jenis ini adalah :

Pertama, kufur besar membatalkan amal. Sebagaimana Firman-Nya dalam surat  Ibrahim ayat 18 :
مَثَلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ أَعْمَالُهُمْ كَرَمَادٍ اشْتَدَّتْ بِهِ الرِّيحُ فِي يَوْمٍ عَاصِفٍ لَا يَقْدِرُونَ مِمَّا كَسَبُوا عَلَى شَيْءٍ ذَلِكَ هُوَ الضَّلَالُ الْبَعِيدُ
Sedang kufur kecil tidak membatalkan.

Kedua, kufur besar yang menyebabkan keabadian dalam neraka. Firman-Nya dalam surat  Muhammad ayat 12 :

إِنَّ اللَّهَ يُدْخِلُ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَالَّذِينَ كَفَرُوا يَتَمَتَّعُونَ وَيَأْكُلُونَ كَمَا تَأْكُلُ الْأَنْعَامُ وَالنَّارُ مَثْوًى لَهُمْ

Dan Firman-Nya dalam surat  Al-Bayyinah ayat 6 :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

Sedang kufur kecil tidak mengharuskan pelakunya masuk neraka. Mereka, menurut salah satu pendapat, diserahkan kepada kehendak Allah swt–boleh diampuni dan boleh disiksa—dan menurut pendapat lain, mengharuskan pelakunya masuk neraka selamanya. Tetapi kedua pendapat itu sepakat bahwa kufur kecil menyebabkan pelakunya mendapatan ancaman siksaan dari Allah swt .

Ketiga, jika seseorang mati dalam keadaan masih kufur besar maka ia tidak akan diampuni, sedang jika ia mati dalam keadaan kufur kecil maka ia diserahkan kepada kehendak Allah swt . Dan itu tidak bertentangan dengan keniscayaan mendapat ancaman dari Allah swt, sebab ancaman itu tidak dapat mencegah Allah swt untuk mengampuni seseorang jika Ia menghendakinya. Bukankah Allah swt Maha Kuasa melakukan apa yang Ia kehendak ?

Keempat, kufur besar menyebabkan, darah, harta dan jiwa pelakunya menjadi halal dan ia tidak berhak mewarisi keluarganya yang Muslim, begitu pula sebaliknya. Rasulullah saw bersabda yang diriwayatkan Imam Ahmad :


لَا يَرِثُ الْمُسْلِمُ الْكَافِرَ وَلَا الْكَافِرُ الْمُسْلِمَ


“Tidak boleh seorang Muslim mewarisi orang kafir , dan tidak boleh seorang yang kafir mewarisi orang Muslim.”

Dan itu tidak berlaku pada pelaku kufur kecil.

Kelima, kufur besar menyebabkan pelakunya keluar dari Islam sedang kufur kecil tidak menyebabkan pelakunya keluar dari Islam, tapi ia dianggap mukmin dengan keimanan yang kurang. Namun kedua jenis kufur itu sama-sama lebih besar dari dosa besar yang paling besar sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.

Keenam, kufur besar adalah kufur Aqidah yang kaitannya dengan hati, sedang kufur kecil adalah kufur amali yang kaitannya dengan badan.
Loading...

0 Response to "JENIS-JENIS KUFUR"

Post a Comment