Hikmah disyariatkannya Poligami

   Makalahkuliah.com ini merupakan postingan ketiga yang membahas tentang poligami, jika berminat membaca postingan sebelumnya silahkan klik asal mula poligami dalam islam dan persyaratan kebolehan poligami.
     HIKMAH POLIGAMI
a. Terhindar dari maksiat dan zina, juga dapat mengurangi prostitusi Kejahatan dan pelacuran tersebar di mana-mana sehingga jumlah peacur lebih banyak dari pada perempuan yang bersuami.

Kasus yang ekstrim memang mungkin saja terjadi. Suami memiliki tingkat dorongan kebutuhan yang melebihi rata-rata, sebaliknya istri memiliki kemampuan pelayanan yang justru di bawah rata-rata. Dalam kasus seperti ini memang sulit untuk mencari titik temu. Karena hal ini merupakan fithrah alamiah yang ada begitu saja pada masing-masing pihak. Dan kasus seperti ini adalah alasan yang paling logis dan masuk akal untuk terjadinya penyelewengan, selingkuh, prostitusi, pelecehan seksual dan perzinahan.

b. Memperbanyak keturunan
Di antara manusia ada yang ingin mendapat keturunan tetapi sayang isterinya mandul atau sakit sehingga tidak mempunyai anak.
http://www.makalahkuliah.com/2012/11/hikmah-disyariatkannya-poligami.html

c. Melindungi para janda, perawan tua dan kelebihan perempuan
Jika kita lihat pada saat ini jumlah perempuan lebih banyak dari pada jumlah kaum laki-laki maka poligami inilah satu-satunya jalan untuk melindungi para janda serta mengurangi jumlah perawan tua

d. Kebutuhan sex suami terselesaikan saat istrinya melahirkan, haid, sakit, uzur dll Secara fitrah umumnya, kebutuhan seksual laki-laki memang lebih tinggi dari wanita. Dan secara faal, kemampuan seksual laki-laki memang dirancang untuk bisa mendapatkan frekuensi yang lebih besar dari pada wanita. Nafsu birahi setiap orang itu berbeda-beda kebutuhannya dan cara pemenuhannya. Dari sudut pandang laki-laki, masalah `kehausan` nafsu birahi sedikit banyak dipengaruhi kepada kepuasan hubungan seksual dengan istri. Bila istri mampu memberikan kepuasan skesual, secara umum kehausan itu bisa terpenuhi dan sebaliknya bila kepuasan itu tidak didapat, maka kehausan itu bisa-bisa tak terobati. Dan umumnya laki-laki membutuhkan kepuasan seksual baik dalam kualitas maupun kuantitas. Namun umumnya kepuasan kualitas lebih dominan dari pada kepuasan secara kuantitas. Bila terpenuhi secara kualitas, umumnya sudah bisa dirasa cukup. Sedangkan pemenuhan dari sisi kuantitas saja sering tidak terlau berarti bila tidak disertai kualitas, bahkan mungkin saja menjadi sekedar rutinitas kosong..

e. Istri terpacu untuk melakukan yang terbaik bagi suaminya karena ada yang lain (madunya) Salah satu hikmah dari poligami adalah, membuka peluang bagi wanita untuk dapat mengembangkan dirinya sendiri karena dia punya kesempatan untuk saling meringankan beban pekerjaan sehari-harinya dengan sesama istri yang lain.

f. Anak yang dilahirkan menpunyai legal formal dan ayah yang jelas
Banyaknya anak-anak yang lahir tanpa ayah yang jelas, sebagai hasil dari perbuatan di luar nikah. Di Amerika, misalnya, setiap tahun lahir anak di luar nikah lebih dari dua ratus ribu jiwa.

Berbeda dengan anak yang lahir dari perbuatan zina yang akan selalu mendapat cemoohan dan cacian dari masyarakat anak yang lahir dari pernikahan poligami yang resmi akan mendapat legal formal baik dari Negara maupun dari masyarakat. Anak-anak yang dilahirkan dari hasil poligami yang kemudian hidup di masyarakat sebagai hasil jalinan cinta yang mulia sangat dibanggakan oleh seorang ayah. Demikian juga oleh ummatnya di masa yang akan datang.

g. Status yang jelas bagi perempuan
Sama halnya dengan anak yang lahir dari perbuatan zina yang tidak memiliki status yang jelas di masyarakat maka perempuan yang berbuat zina juga tidak memiliki ststus social yang jelas.

h. Terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya dan menular
Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa akibat dari kita bergonta-ganti pasangan adalah tersebarnya penyakit kelamin yang berbahaya yang mampu menular ke siapa saja. Seperti, HIV atau AIDS.


Itulah beberapa diantara hikmah-hikmah disyariatkannya poligami dalam Islam. Hal ini merupakan bkti yang kuat untuk menunjukkan bahwa poligami yang diajarkan oleh Islam merupakan cara yang paling sehat dalam memecahkan masalah ini dan merupakan cara yang paling efektif untuk dipergunakan oleh ummat manusia dalam hidupnya di dunia .

Terimah kasih telah membaca artikel tentang Hikmah poligami dalam islam, jika berminat membaca artikel lain, silahkan klik: Keselahan dalam pelaksanaan Poligamiasal mula poligami dalam islamPersyaratan poligami dalam islamdan poligami dalam Kompilasi hukum islam.
Loading...